10 Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan, Salah Satunya Atasi Gangguan Pencernaan - jasaweb : Artikel Komputer : ACMATRIX.web.id
acmatrix.web.id
Harga estimasi
• Rp 26.570.734.320 •
Manfaat Jagung
80 / 100

Merdeka.com – manfaat Jagung rebus adalah salah satu jenis biji-bijian yang memiliki berbagai macam manfaat. Rasanya yang lezat, mudah didapat, kaya nutrisi serta padat gizi membuat jagung banyak digemari oleh banyak orang. Meskipun begitu, selama ini masih banyak yang belum tahu secara spesifik mengenai manfaat jagung rebus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jagung rebus berasal dari adanya kandungan nutrisi yang dimilikinya. Kaya akan serat, asam folat, vitamin C, karbohidrat, kalium, protein, serta zat ryptoxanthin. Bahkan jagung rebus juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh manusia.

Adanya kandungan-kandungan inilah yang sangat mampu untuk menunjang manfaat dari jagung rebus ini. Selain itu, jagung rebus juga dianggap mampu atasi gangguan pencernaan, sebagai sumber energi, jaga saraf, otot, tulang, metabolisme, jantung, kanker, serta masih banyak lagi.

Atasi Gangguan Pencernaan dan Jadi Sumber Energi

ilustrasi jagung manis

©Pexels/mali maeder

Atasi Gangguan Pencernaan

Manfaat jagung rebus yang pertama dapat mengatasi masalah pencernaan. Gangguan yang ada pada pencernaan tak hanya sering dialami anak-anak, tetapi juga orang dewasa serta ibu hamil. Manfaat ini bisa digunakan berkat kandungan serat di dalam jagung.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Arthur Schatzkin, mantan kepala cabang epidemiologi gizi di US National Cancer Institute (NCI) menyimpulkan, total asupan serat tidak berhubungan dengan risiko kanker kolorektal, sedangkan mengonsumsi biji-bijian mengurangi risiko tersebut.

Kandungan serat di dalam jagung rebus dipercaya cukup tinggi. Serat ini akan dapat membuat makanan bergerak dengan mulus di dalam saluran pencernaan. Maka dari itu, sangat berkhasiat untuk atasi sembelit atau susah buang air besar.

Jadi Sumber Energi

Manfaat jagung rebus dapat dikonsumsi sebagai sumber energi. Manfaat jagung rebus ini berasal dari adanya kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya. Maka tak heran jika banyak yang mengandalkan jagung rebus yang digunakan sebagai pengganti nasi.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang sangat penting. Yang utama adalah dapat menjadi stamina serta metabolisme yang mengonsumsinya. Ada sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori ini harus didapat dari makanan berkarbohidrat seperti jagung rebus.

Sumber Vitamin B dan Asam Folat

ilustrasi jagung manis

©Pexels/mali maeder

Sumber Vitamin B

Manfaat jagung rebus yang berikutnya dapat menjadi sumber vitamin B bagi tubuh. Jagung mengandung vitamin B3, B5, B6, dan B9. Semua vitamin ini cocok dikonsumsi anak, orang dewasa, hingga ibu hamil.

Vitamin B3 berfungsi menjaga sistem saraf dan kulit sehat. Vitamin B5 membantu memperoleh energi dari makanan. Vitamin B6 dapat membantu mengatasi morning sickness dan menghasilkan sel darah merah.

Sumber Asam Folat

Bagi para ibu hamil, manfaat jagung rebus yang satu ini akan sangat bermanfaat. Terutama dalam menjaga kesehatan janin beserta kandungannya. Jagung rebus miliki banyak kandungan asam folat di dalamnya.

Vitamin B3 berfungsi menjaga sistem saraf dan kulit sehat. Vitamin B5 membantu memperoleh energi dari makanan. Vitamin B6 dapat membantu mengatasi morning sickness dan menghasilkan sel darah merah.

Jaga Kesehatan Jantung dan Jadi Sumber Antioksidan

004 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Menjaga Kesehatan Jantung

Miliki jantung yang sehat hingga usia tua merupakan impian bagi banyak orang. Pasalnya,penyakit jantung merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengandalkan manfaat jagung rebus ini untuk jaga kesehatan jantung Anda.

Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah. Hingga membuat masalah kardiovaskuler lebih mudah terkontrol.

Bahkan vitamin C yang dimilikinya dapat pula membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah. Meningkatnya asam amino bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah. Begitu juga meningkatkan berbagai masalah terkait jantung manusia.

Sumber Antioksidan

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan berikutnya dapat menjadi sumber antioksidan. Hal inilah yang sangat patut diandalkan dari jagung rebus untuk diandalkan. Jumlah antioksidan dalam jagung memang dikenal cenderung lebih tinggi daripada biji-bijian lain.

Kandungan lutein yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang ada dalam jagung rebus akan dapat melindungi mata dari kerusakan sel. Ada juga Zeaxanthin yang merupakan karotenoid paling umum ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini diduga dapat meningkatan kesehatan mata.

sumber : https://www.merdeka.com/jatim/10-manfaat-jagung-rebus-untuk-kesehatan-salah-satunya-atasi-gangguan-pencernaan-kln.html?page=4

By admin

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 4 =