Cara setting atau konfigurasi ip address static di ubuntu server –  melakukan konfigurasinya dengan menggunakan ubuntu server 18.04 yap versi terbarunya dari ubuntu server 16.04.

Konfigurasi ip address static ubuntu server 18.04

Caranya untuk konfigurasi ip address static pada ubuntu server 18.04 ini sedikit berbeda dari ubuntu server 16.04, yang dimana di ubuntu server 16.04 jika kita ingin melakukan konfigurasi ip itu kita bisa mengetikan perintah /etc/network/interfaces sedangkan di ubuntu server 18.04 kita memasukan perintah yang berbeda yaitu /etc/netplan/(nama-file-konfigurasinya). Baiklah langsung saja kita mulai konfigurasi ip address staticnya di ubuntu server 18.04 ini.
Pertama, kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah terdapat file untuk konfigurasinya apa tidak, tapi sebelum itu kalian harus masuk kedalam mode rot terlebih dahulu dan jika sudah masuk kedalam mode root, cara untuk mengeceknya file yang akan kita konfigurasi adalah tinggal memasukan perintah dibawah ini.# ls /etc/netplanSetiap nama filenya itu berbeda bebeda ada yang nama file nya 00-installer-config.yaml atau ada yang nama filenya itu 50-cloud-init.yaml
Nah jika kalian sudah melihat nama filenya, selanjutnya kalian harus masuk kedalam kedalam foldernya terlebih dahulu, caranya kalian tiinggal memasukan perintah dibawah ini di terminal ubuntu server kalian.# cd /etc/netplannah jika kalian sudah masuk kedalam folder netplannya, kalian langsung aja ketikan perintah untuk memulai konfigurasinya, seperti perintah dibawah ini.
karena file saya yang disini bernama 00-installer-config.yaml maka saya akan memasukan perintah yang sesuai dengan file konfigurasinya, perlu di ingat nama file konfigurasinya ini kadang berbeda nama.
nano 00-installer-config.yaml Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini.


Oke yang kedua, kalian bisa langusng konfigurasi atau setting ip addressnya tapi perlu di ingat jika ingin menggeser itu jangan menggunakan tombol TAB gunakan saja spasi untuk menggesernya.
Konfigurasinya bisa dilihat seperti gambar dibawah ini, tetapi untuk ip address, gateway itu sesuaikan dengan ip yang kalian dapat.


Karena disini saya mendapatkan ip address 192.168.10.220 maka saya akan menuliskannya seperti itu, kalau kalian harus memasukan ip address sesuai yang kalian dapat.

Jika sudah melakukan settingnya kalian bisa save konfigurasinya dengan menekan kombinasi tombol ctrl + O dan untuk keluar kalian bisa menggunakan kombinasi tombol ctrl + x.

Selanjutnya yang ketiga itu kalian ketikan perintah dibawah ini untuk memberi tahu kepada si server bahwa kita sudah selesai konfigurasi dan ingin menetapkan konfigurasinya, silakan kalian masukan perintah ini di terminal server kalian.# netplan applySeperti gambar dibawah ini.


Selanjut jika sudah melakukan memasukan perintah di atas ini, kalian bisa langsung memasukan perintah netplan –debug apply.netplan –debug applyJika kalian sudah memasukan perintah diatas, dan sudah menekan enter akan muncul output display atau tampilan yang keluar Seperti gambar dibawah ini. 


Disana terlihat ip address, gateway dan juga dns yang sudah kita konfigurasi, nah selanjutnya kalian cek apakah ip nya sudah benar benar sama, dengan memasukan perintah ifconfig pada server kalian.# ifconfigJika sudah memasukan perintah diatas ini, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


Nah milik saya sudah sesuai dengan apa yang saya konfigurasi tadi, apakah kalian udah benar bagaimana hasilnya?
Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan di artikel ini sekarang, jika ada kekurangan atau kesalahan pada artikel mohon maaf dan mungkin kalian bisa meberitahu admin jika kalian menemukan kesalahan atau kalian terdapat kesulitan di artikel ini atau ingin memberikan saran atau kritik. Cara menyampaikannya kalian bisa melalui kolom komentar atau melalui kontak page.

Sumber : https://catatanshand.blogspot.com/2020/07/Cara-setting-atau-konfigurasi-ip-address-static-di-ubuntu-server-1804.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + five =