CARA MEMPERBAIKI LAPTOP YANG RUSAK IC POWERNYA
92 / 100

CARA MEMPERBAIKI IC POWER Laptop

Advertisements

CARA MEMPERBAIKI LAPTOP YANG RUSAK IC POWER NYA, Laptop merupakan alat elektronik yang bisa membantu kita bekerja dirumah maupun di kantor, jangan sampai laptop ini mati total ataupun hang. Maka perlunya kita untuk berhati hati dalam penggunaan dan perawatan.

Advertisements

Penggunaan laptop di sesuaikan keperluan saja, misalnya laptop kita suport untuk mengerjakan aplikasi office jangan dipakai buat main game. Jika ingin main game bisa membeli laptop game seperti asus rog, dell alienware dll

laptop game dell alienware ic power
Dell alienware laptop buat nge game

Laptop game sudah di desain dengan pendinginan yang cukup untuk menjalankan aplikasi game, laptop untuk kerjaan office system pendinginan prosesor tidak sebagus laptop gamer. Netbook atau laptop prosesor intel Celeron sekarang ada yang tidak pakai kipas prosesor, hanya menggunakan plat almunium sebagai pendinginya.

Baca juga https://www.acmatrix.web.id/category/blog/komputer-dan-laptop/

Pengaruh panas yang berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan di prosesor, apalagi sekarang prosesor generasi 4 ke atas sudah onboard. Jadi jika terjadi kerusakan prosesor susah untuk menggantinya atau mahal. Harga perbaikan atau penggantian prosesor hamper sama ganti motherboard baru.

Asal beli motherboardnya tidak di beli di service center laptop yang kamu punya. Harga motherboard di service center harganya bisa seperti beli laptop baru, katanya sih begitu….

Selain penggunaan yang disesuaikan dengan kebutuhan, jangan lupa untuk merawatnya. Perawatan untuk keyboard di bersihkan pakai kuas atau vacuum. Perawatan lcd laptop dengan di lap dengan tisu basah supaya kotoran debu yang menempel bisa hitang dan tampilan gambar jadi lebih jernih.

Bagaimana jika laptop kita mati, apa yang harus dilakukan? Jika kita tidak tahu masalah elektronik sebaiknya di bawa ke tukang service terdekat dan terpercaya.

Mari kita mengenal kerusakan laptop sebagai pengetahuan dasar tentang jenis kerusakan laptop.

Laptop terdiri dari komponen power suplay dan komponen digital. Komponen power suplay seperti IC charger, ic power, ic ram, ic prosesor adalah komponen yang memberikan sumber tegangan.

IC Charger Laptop

ic charger laptop
Gambar skema IC charger laptop
Pada gambar ada keterangan Adaptor sebagai sumber daya listrik, Pack itu adalah baterai dan System laptop

Ic charger adalah komponen ic yang merubah dan sebagai selector tegangan dari adaptor atau dari baterai menuju ke system. Pengisian baterai laptop juga melalui ic charger ini.

Contoh IC charger pada laptop asus lenovo acer BQ24725A (BQ25A), BQ737, BQ728

Fungsi ic charger laptop

  1. Sumber tegangan menuju ic power, jika ic charging rusak automatis laptop mati total.
  2. Untuk mengisi baterai laptop
  3. Mengatur penggunaan sumber tengangan dari baterai atau dari adaptor. Laptop bisa di hidupkan tanpa baterai, dan jika baterai ada isinya tanpa adaptor laptop bisa hidup.

Ciri ciri kerusakan IC Charger

  1. Laptop mati total, jika arus listrik tidak bisa masuk ke sistem. Lampu indikator charging mati.
  2. Laptop bisa hidup jika di cas dan baterai harus terpasang.
  3. Laptop bisa hidup jika baterai dilepas (Kondisi baterai ada isinya).
  4. Tidak bisa mengisi baterai bagus. Ada keterangan Charging di indikator windows.
  5. Jika baterai ada daya listrik, di lepas adaptor mati. Ada juga baterai terbaca 100% isinya tapi tidak ada daya listrik jika di ukur dengan avo meter.

Contoh kasus kerusakan komponen pada rangkain ic charger yang menyebabkan laptop lenovo ideapad 110 AMD A8 tidak bisa ngecas. Tapi masih bisa hidup normal jika menggunakan baterai laptop. Jika baterai di lepas sulit untuk di hidupkan dan jika mau hidup laptop tidak tampil gambar, dan kipas berputar cepat.

IC power laptop

ic power laptop
contoh skema ic power laptop
pada gambar VIN tegangan dari baterai atau adaptor, EN dan Entrip signal untuk mengaktifkan tegangan dari ic power.

IC power adalah komponen ic yang merubah tegangan 19 volt dari system menjadi tegangan lebih kecil untuk mengaktifkan ic ram, ic prosesor. Didalam ic power ada perintah digital juga sebelum menghasilkan tegangan 3 dan 5 volt.

Contoh IC Power pada laptop asus lenovo acer yaitu RT8223B/P/C, TPS51125A, RT8205A, ISL62366, RT8206A.

Fungsi ic power laptop

  1. Mengubah tegangan dari 19 volt adaptor menjadi tegangan 3volt dan 5volt.
  2. Tegangan 3 volt untuk suplay komponen digital dan tegangan 5 volt untuk usb, hardisk.
  3. Tengangan yang di hasilkan ic power ini juga untuk mengaktifkan ic memory, ic prosesor.
  4. Jadi jika terjadi kerusakan ic power maka laptop pasti mati total.
  5. Menjadi sumber tegangan system kontrol laptop.
  6. Merupakan sumber tegangan untuk IC bios.
  7. Didalam ic power ini juga ada perintah digital, syarat tegangan 3 dan 5 volt itu aktif perlu syarat sinyal enable juga.

Ciri ciri rusak IC Power

  1. Lampu indikator laptop tidak ada yang hidup.
  2. Tegangan di tombol swicth on / off tidak ada.
  3. Tegangan di sistem sudah ada 19 volt.
  4. Tegangan ke IC bios tidak ada.
  5. Tegangan ke IO kontrol tidak ada.

IC ram atau memory

IC ram adalah komponen ic yang merubah tegangan dari sumber 5volt menjadi 1,5v DDR3 PC3, 1,35v DDR PC3L.

IC memory jika rusak maka laptop jika bisa nyala on tapi tidak akan tampil gambar. Kerena tidak ada suplai daya listrik menuju ram atau memory laptop.

IC prosesor

Ic prosesor adalah komponen ic yang merubah tegangan menjadi 1,05 atau 0,9volt untuk sebagai suplay daya ke prosesor.

Jika terjadi kerusakan di ic prosesor maka laptop tidak akan tampil gambar, karena prosesornya tidak beroperasi.

Mengenal komponen di gital pada laptop

IO control

IO lenovo ic charger ic power laptop
salah satu IO Lenovo IT8886HE

Komponen digital yang memberikan sinyal ke ram, prosesor dan chipset untuk menjalankan operasi system. Sumber tegangan power on/off berasal dari komponen ini.

Setelah ic sumber tegangan seperti ic power, ic prosesor, ic ram sudah siap atau tidak ada masalah dengan menekan tombol on, maka laptop bisa hidup.

IO ini memberikan sinyal ke prosesor dan ke chipset, dan io ini juga menerima sinyal dari prosesor dan chipset. Perintahnya saling timbal balik dan setelah perintah bagus semua maka akan reset dan laptop baru hidup normal.

Chipet intel atau Amd

chipset intel ic power ic charger
Chipset Intel masih terpiasah dengan prosesor

Chipset ini ada di laptop dengan prosesor Pentium dari awal laptop di buat sampai prosesor generasi 3.

Untuk laptop prosesor intel generasi 4 chip intel suda bergabung jadi satu dengan prosesor.

prosesor laptop broadwell
Chipset intel sudah di gabung dengan prosesor intel broadwell

Begitu juga dengan laptop prosesor amd, chipnya sekarang sudah jadi satu dengan prosesor.

Chipset intel dulunya sebagai output untuk tampilan gambar selain dari vga. Jika ada 2 vga maka satu dari chipset intel dan satunya dari ati redeon atau nvidia. Jadi jika laptop tidak tampil gambar sumber kerusakan bisa juga dari chipset intel dan chipset vga.

Prosesor Intel dan AMD

Prosesor dalam system kerja laptop untuk mengolah perintah dari IO, sehingga proses tersebut bisa menjalankan program yang terdapat pada bios. Dan akhirnya laptop bisa hidup masuk ke menu bios.

Perlu di perhatikan bahwa:

  1. Prosesor intel generasi 4 dan seterusnya sudah tidak lagi menggunakan soket prosesor.
  2. Jadi prosesor intel maupun amd sudah terpasang langsung di motherboard laptop.
  3. Tidak bisa lagi upgrade prosesor dengan mudah. Perlu teknisi yang sudah ahli untuk melepas dan memasang prosesor ONBORD.
  4. Biaya untuk penggatian prosesor yang rusak butuh biaya mahal.
  5. Banyak kasus laptop mati atau tidak tampil gambar karena rusak prosesor.

Penyebab Laptop mati total

Dari keterangan diatas bisa disimpulkan jika mati total tanpa ada lampu indicator yang menyala maka penyebab utama bisa dari Ic charging atau Ic power. Jika kedua sumber tegangan bagus maka bisa dari IO atau dari biosnya yang rusak.

Laptop konslet

Posisi konslet ini bisa di tegangan 19 volt atau tegangan setelah ic power. Jika konslet di tegangan dari baterai atau adaptor maka lampu indicator laptop tdk ada yang menyala. Berbeda dengan konslet setelah ic power maka lampu indicator charging bisa nyala dan jika laptop di hidupkan Cuma kedip di lampu power.

Konslet ini juga bisa terjadi pada ic ram, yang mengakibatkan ram menjadi rusak. Untuk laptop dengan prosesor generasi 4 seperti acer z1402 ic ram konslet maka prosesornya juga ikut konslet.

Kurasakan chipset dan prosesor

Laptop kamu bisa hidup dan sudah di coba ganti ram tidak mau tampil gambar, tersangka selanjutnya adalah chipset atau prosesor. Karena model prosesor generasi ke 4 keatas sudah onboard maka kasus kerusakan ini akan mengeluarkan biaya yang mahal.

Harga chip prosesor missal yang model Celeron saja bisa sampai Rp 400.000 kondisi belum di pasang. Kebanyakan teknisi memberikan harga untuk penggantian chipset prosesor bisa 2-3 x modal chipsetnya.

Chipset prosesor I3 kondisi baru harga lebih dari 1 juta, maka nanti harga biaya service paling tidak 2 x harga prosesor tersebut.

Kenapa harga sampai mahal seperti itu? Karena kita beli chipset tidak ada garansi dari penjualm, jika gagal pasang maka kita menanggung kerugian yang cukup besar.

Sebagai kesimpulan jika sudah dipastikan rusak prosesornya, maka kita harus pertimbangkan antar di service ganti prosesor atau ganti motherboard baru. Harganya mungkin tidak jauh berbeda, yang menjadi masalah motherboard yang mau di beli ada stok atau belum.

Biaya service laptop

Tempat service laptop dalam menentukan biaya kerusakan juga melihat kondisi laptopnya. Jika laptop yang harganya mahal pasti biaya service juga mahal.

Dalam artikel ini saya akan share pengalaman
tentang cara memperbaiki Laptop mati total. Laptop
mati total dalam hal ini kita spesifikasikan dengan
kondisi sebagai berikut :

Advertisements

  1. Laptop tidak bisa di charge, jika tetap di charge
    maka lampu indikator pada Charger akan mati
  2. Laptop tidak merespon jika tombol powernya di
    tekan
  3. Kematian laptop tidak diakibatkan oleh benturan
    atau terjatuh
  4. Kematian Laptop tidak disebabkan Laptop kena air,
    misalnya kehujanan
    Jika Laptop anda mati total dengan kondisi
    sebagimana disebutkan diatas maka cara
    memperbaikinya adalah sebagai berikut, dalam artikel
    ini laptop yang kita perbaiki adalah Lenovo, namun
    bisa diterapkan pada semua jenis laptop :
  5. Sebelum memulai job ini syarat penting yang wajib
    dimiliki adalah anda harus bisa menggunakan solder
    dan harus punya keberanian untuk membungkar total
    laptop
  6. Lepas battery laptop
  7. Bungkar total laptop, biasanya dimulai dari
    keyboard. Jangan lupa melepas semua perangkat
    input termasuk hard disk, DVD room, wireless, modem
    dll.
  8. Angkat mainboard laptop dari kesingnya.
  9. Siapkan AVO meter untuk pengecheck-an dan
    segera panaskan Solder
  10. Check konektor charger pada mainboard,
    hubungkan probe merah AVO meter pada kabel
    merah ( + ) dan probe hitam pada kabel hitam ( – ).
    Posisi selector AVO meter pada Ohm meter. Jika AVO
    meter menunjukkan adanya short circuit maka ini
    menunjukkan ada komponen yang rusak ( short ).
  11. Untuk mencari komponen yang rusak mulailah dari
    IC power, lihat gambar dibawah
    Ciri-ciri IC power yang rusak bisa dilihat menggunakan
    AVO meter, jika jarum AVO meter mentok ke kanan
    ( posisi probe di bolak balik pada kedua sisi kaki IC
    yang dijumper, 4 kaki pada satu sisi dan tiga kaki pada
    sisi yang lain ) maka IC power rusak, atau jarum AVO
    meter diam saja juga menunjukkan IC rusak
  12. Jika ada IC power yang rusak maka ganti dengan
    yang normal, bisa diambil dari laptop yang lain atau
    bisa beli yang baru, browse di google untuk
    mendapatkannya
  13. Jika semua IC power normal maka lanjutkan
    pengecheckan
  14. Cari skema laptop sesuai dengan type laptop
    anda, browse di google untuk mendapatkannya, anda
    bisa download gratis di beberapa situs yang
    menyediakan skema laptop gratis. Disini juga ada
    beberapa laptop schematics namun tidak lengkap.
  15. Jika anda bisa mendapatkan skemanya maka cari
    jalur B+ atau pada beberapa skema munggunakan
    kode Vin atau V+ atau kode lain yang sejenis yang
    maksudnya adalah jalur sumber tegangan utama.
    Untuk menemukan jalur ini kamu bisa meng-urutkan
    mulai dari jek charger, setelah melewati ic power itu
    biasanya langsung masuk jalur B+. Setelah B+
    ditemukan check menggunakan AVO meter untuk
    memastikan bahwa jalur B+ short circuit.
  16. Pisahkan jalur B+ dengan jalur komponen yang
    lain satu persatu sambil di check menggunakan AVO
    meter untuk memetakkan jalur yang short circuit.
    Caranya adalah putuskan jumperan yang
    menghubungkan B+ ke komponen yang lain, kode
    jumperan ini adalah J… ( J1, J2 dst. ). Pada beberapa
    jenis motherboard jumperan ini tidak ada, maka kamu
    harus lebih teliti dalam melanjutkan pengecekan.
  17. Setelah jalur B+ dipisahkan dari jalur lanjutan
    maka check menggunakan AVO meter, maka kita
    akan menemukan block rangkain yang short circuit.
    Dan lanjutkan untuk mencari komponen yang rusak
    pada block yang telah kita temukan.
  18. Biasanya dalam kasus seperti ini ada sebuah
    komponen capacitor ( kapasitor ) yang rusak, konslet,
    sehingga menghubungkan jalur B+ ke ground. Lihat
    gambar dibawah
  19. Cari kapasitor yang short ( rusak ), lepas kapasitor
    yang anda curigai dan check menggunakan AVO
    meter, jika sudah ditemukan segera ganti dengan
    kapasitor yang lain, yang normal.
    Langkah-langkah diatas bisa diterapkan pada semua
    jenis laptop, berdasarkan pengalaman dengan
    mengganti kapasitor yang short tersebut masalah
    bisa di atasi. Namun ada satu hal yang perlu
    diperhatikan adalah rusaknya kapasitor ini bisa
    mengakibatkan IC power ikutan rusak, maka kita perlu
    untuk teliti dalam memastikan kondisi IC power.

sumber :

Advertisements

 570 total views,  2 views today

By admin

Penulis

2 thoughts on “CARA MEMPERBAIKI LAPTOP YANG RUSAK IC POWERNYA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *