7 Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense
acmatrix.web.id
Harga estimasi
• Rp 26.570.734.320 •
7 Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense
88 / 100

Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense

Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense – Apakah Anda mencari cara untuk meningkatkan CPC Google AdSense? Kita semua tahu bahwa Google AdSense adalah jaringan PPC (Pay Per Click) paling populer di mana pemilik situs web dapat memasang iklan dari mitra Google untuk mendapatkan penghasilan. Berikut beberapa tips dan trik rahasia yang dapat membantu Anda meningkatkan tarif CPC dan CTR Google Adsense agar penghasilan Anda meningkat.

Apa itu CPC Adsense?

Dengan kata sederhana, CPC (Cost per Click) adalah biaya per klik dan itu adalah uang yang dihasilkan setiap klik yang dilakukan pada iklan Google Adsense yang ditempatkan di situs web. Ada banyak cara untuk meningkatkan tarif CPC di situs web:

  • Buat iklan yang relevan
  • Buat iklan menarik yang menarik pengunjung untuk mengklik
  • Optimalkan teks iklan Anda

Dan masih banyak lagi yang akan kita bahas dalam artikel rinci ini.

Apa itu CTR Adsense ?

CTR (Click Through rate) atau Rasio Klik Tayang adalah persentase orang yang mengklik iklan Adsense di situs web. Misalnya CPC rata-rata iklan Anda adalah $ 0,2 dan jika Anda mendapat rata-rata 12.500 klik, Anda akan menerima sekitar $ 5.000. Sekarang, jika CPC Anda adalah $ 0,3 dengan jumlah klik yang sama, Anda dapat menghasilkan $ 7.500. Lihat, hanya dengan kenaikan $ 0,1, Anda dapat menghasilkan tambahan $ 2.500. Ini adalah alasan mengapa Anda harus fokus pada peningkatan CTR (Click Through rate) selain berfokus mendapatkan lebih banyak klik di tempat pertama.

CPC Adsense sangat bergantung pada niche/topik situs web Anda. Jika web Anda dengan niche yang sangat kompetitif, biaya CPC (Cost per Click) akan jauh lebih tinggi untuk iklan yang ditempatkan di situs web Anda. Tapi dengan niche yang kompetitif Anda perlu melakukan  upaya  dan waktu ekstra untuk mendapatkan traffic bertarget ke situs web Anda.

Banyak orang berpikir satu-satunya cara untuk meningkatkan CTR Adsense adalah menargetkan  kata kunci (keyword) dengan bayaran tertinggi, tetapi itu tidak ada salahnya. Kunci untuk meningkatkan CTR adalah menargetkan niche yang tepat dan memperkaya konten sesuai target pengunjung. Sebagai publishers Google Adsense, kita perlu mencari cara terbaik untuk meningkatkan CPC dan CTR Adsense.

Sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan perhitungan CPC Google AdSense berikut.

Rumus CPC

CPC Anda akan kurang dari atau sama dengan maks. penawaran, karena ini adalah rata-rata tawaran untuk semua pesaing dalam periode waktu tertentu.

Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense

1. Niche Situs Web

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih niche yang bagus untuk situs web Anda. Niche yang berkaitan dengan internet marketing, pengembangan web, keuangan, gaming, dan kesehatan, dll, membayar CPC lebih tinggi dibanding niche lainnya. Anda tidak akan mendapatkan CPC yang tinggi jika Anda memutuskan untuk membuat blog dengan niche pendidikan maupun hiburan.

Tidak peduli berapa banyak yang ingin Anda hasilkan dari Google AdSense, pertama Anda harus fokus memilih niche situs web yang memberi Anda peluang mendapatkan penghasilan besar untuk waktu yang lama. Memilih niche yang tepat dapat menentukan berapa banyak uang yang akan Anda hasilkan setiap bulan dari iklan Google AdSense.

2. Temukan kata kunci (Keyword) yang profitable

Apakah Anda ingin tahu cara meningkatkan CTR AdSense? Buatlah list semua ide kata kunci yang menguntungkan di bidang Anda dan mulai gunakan saat Anda membuat konten untuk blog.

Riset keyword adalah cara untuk meningkatkan CPC AdSense. Jika Anda mencari tahu cara meningkatkan pendapatan adsense dengan CPC tinggi, berikut adalah beberapa tips untuk riset kata kunci.

  • Memata-matai keywords kompetitor Anda yang berkinerja baik. Salah satu cara termudah meningkatkan CTR AdSense Anda adalah mengetahui semua kata kunci yang digunakan oleh blog/web berpenghasilan tinggi sesuai niche Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan alat seperti SEMrush dan app.neilpatel.com. Cara ini dapat membantu Anda mengetahui semua kata kunci teratas dari niche apa pun!
  • Selalu gunakan long tail keywords, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan peringkat dan meningkatkan traffic pencarian ke blog Anda. Anda dapat membuat banyak konten dengan menggunakan long tail keywords.
  • Pastikan untuk menemukan dan menggunakan keywords dengan volume pencarian global antara 1000 hingga 2000 pencarian bulanan. Menggunakan kata kunci kompetitif rendah dapat membantu Anda meningkatkan CPC blog.
  • Keyword rich content. Sebelum membuat konten baru, pastikan untuk melakukan riset keywords. Setelah menemukan keywords primer dan sekunder untuk blog Anda, mulailah membuat konten. Dengan begitu dapat meningkatkan traffic pencarian blog Anda serta meningkatkan CPC dan CTR AdSense.

TERKAIT: 20 Keyword Termahal PPC Google AdSense

3. Buat iklan yang menarik pengunjung untuk mengklik

Jika Anda berfokus pada kebutuhan dan keinginan pengunjung, Anda dapat membuat campaign Google AdSense yang menarik untuk mendapatkan penghasilan pasif dari iklan AdSense. Gunakan alat Google adwords keywords untuk menghasilkan frasa yang relevan untuk iklan Anda, fokus pada seberapa kompetitif keyword tersebut dan juga analisa seberapa banyak frasa yang dihasilkan untuk setiap kata kunci.

Anda perlu bertanya pada diri sendiri, yaitu pertanyaan sebelum membuat campaign apa pun.

  • Apakah keywords ini banyak dicari di Google?
  • Apakah orang benar-benar suka mengklik iklan ini tanpa banyak berpikir?
  • Berapa banyak iklan dapat menghasilkan (per klik) alias menganalisis CPC Anda.

Iklan yang baik menghasilkan lebih banyak CTR karena tidak memberikan harapan palsu kepada pengunjung, dan iklan yang menarik selalu menonjol dari kompetisi. Saat membuat iklan, jangan bayangkan Anda membuat iklan untuk menghasilkan lebih banyak uang, alih-alih pikirkan dari sudut pandang pelanggan Anda untuk menghasilkan lebih banyak klik.

Judul iklan, uraian, dan URL Anda adalah 3 bahan penting yang dapat membuat atau memecah tarif klik Anda, jadi pastikan untuk membuat

  • judul yang powerfull
  • URL yang menarik
  • deskripsi ramah mesin pencari

Penempatan iklan juga kunci meningkatkan CTR & CPC AdSense.

Di mana Anda meletakkan iklan pada desain blog Anda, memainkan peran besar dalam meningkatkan CTR dan CPC AdSense blog Anda. Berikut screenshot sederhana untuk menjelaskan tentang penempatan iklan.

Penempatan iklan juga kunci meningkatkan CTR & CPC AdSense.

Blok pertama (yang bisa dilihat di sebelah kiri atas) biasanya memberi Anda CPC dan CTR tertinggi karena penempatan iklannya sangat bagus jika dibandingkan dengan blok kedua.

4. Konten berkualitas adalah kuncinya

Konten berkualitas adalah salah satu alasan utama beberapa situs web mendapatkan CPC lebih tinggi dari iklan AdSense. Situs web yang menghasilkan lebih banyak pendapatan dari AdSense kebanyakan membuat konten yang relevan dan berkualitas bagi pengunjung.

Satu hal yang harus diingat adalah bahwa Anda harus menulis konten di sekitar niche situs web Anda saja. Dengan cara ini, Anda akan dapat mengubah situs web Anda menjadi situs web bertema baik untuk topik yang Anda bidik. Jika Anda mulai menulis tentang niche yang tidak terkait, Anda akan melihat penurunan CTR yang Anda peroleh di Iklan Google Adsense. Bahkan dapat kehilangan banyak pengguna saat mereka mengunjungi situs web Anda untuk melihat konten terbaru tetapi nichenya tidak terkait dengan niche web/blog Anda.

TERKAIT: Cara Membuat Konten Blog yang Berkualitas

5. Buat konversi landing pages

Setelah pengunjung datang ke blog Anda untuk pertama kalinya, ia terlebih dahulu memperhatikan elemen desain situs web Anda. Jika desain Anda berantakan dan terlihat seperti spam, mereka akan langsung mengklik tombol keluar. Jadi jangan membuat desain yang berantakan hanya untuk menghasilkan lebih banyak penghasilan dari iklan Anda, itu dapat mematikan tingkat konversi Anda.

Berikut adalah beberapa tips dan trik meningkatkan CTR dan CPC AdSense Anda melalui landing page blog Anda.

  • Membuat landing page yang tidak mengganggu. Semakin sedikit gangguan yang Anda berikan, semakin banyak manfaat yang akan Anda peroleh.
  • Gunakan alat seperti GetResponse, LeadPages dll untuk membuat landing page. Dengan biaya murah dan sangat mudah untuk membuat landing page yang menakjubkan.

6. Lokasi pengunjung

Lokasi pengunjung situs web Anda (lokasi geometris seperti Indonesia, AS, Inggris) juga penting terkait peningkatan CTR Iklan Google Adsense. Satu klik dari lokasi AS dapat memberi Anda CPC dari  $ 1 hingga $ 5 atau bahkan lebih  dan sementara klik yang sama dari lokasi Asia akan memberi Anda hanya  $ 0,01 hingga $ 1 saja .

Anda harus mencari cara untuk meningkatkan lalu lintas dari lokasi AS di situs web Anda jika Anda menginginkan lebih banyak penghasilan AdSense. Jika Anda menargetkan Indonesia sebagai target pasar, Anda akan melihat jumlah penghasilan CPC yang lebih rendah. Tetapi jika Anda mendapatkan mayoritas traffic situs web Anda dari AS, Anda akan melihat nilai CPC yang jauh lebih tinggi pada unit iklan Google Adsense Anda.

Jadi pastikan untuk menentukan target pasar Anda sebelum masuk ke niche web Anda. Beberapa niche terbaik untuk meningkatkan penghasilan Anda yang banyak dicari traffic dari AS adalah

  • Fitness
  • Cooking
  • Real estate
  • Games
  • Technology
  • News
  • Entertainment
  • Gossip
  • Weight loss etc.

7. Optimasi SEO

Optimasi SEO yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan CPC dan CTR iklan AdSense Anda. Pastikan untuk menggunakan keyword bertarget Anda dalam tag judul, subtitle, URL, tag alt gambar, tautan, dll untuk membuat peringkat konten Anda berkinerja baik di search engine Google.

sumber : https://ruangmuda.com/7-cara-meningkatkan-cpc-dan-ctr-google-adsense

 117 total views,  3 views today

By admin

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =