Ada kalanya ketika smartphone tak tersambung jaringan internet, tapi kamu harus membagikan lokasimu ke teman atau keluarga. Jika kamu berpikir membagikan lokasi secara real-time hanya bisa dilakukan melalui jaringan internet, kamu salah besar. Saat ini, pengguna smartphone bisa share lokasinya secara langsung melalui layanan SMS.

Please Share:

Pada dasarnya, SMS bukan hanya layanan pesan teks semata. Semenjak kehadiran RCS (Rich Communication Services), SMS sudah mendukung fungsi berbagi berbagai macam konten multimedia, termasuk lokasi.Selain itu, layanan SMS tidak memerlukan jaringan internet. Dengan demikian, pengguna bisa berbagi lokasi di kondisi genting meski tak ada internet sama sekali.

Lantas, bagaimana cara berbagi lokasi secara real-time tanpa jaringan internet? Caranya cukup mudah.

1. Pengguna harus memiliki aplikasi ‘Messages’ yang dikembangkan oleh Google. Untuk beberapa smartphone, aplikasi ini sudah terinstal secara default. Jika belum punya, silakan download di Google Play Store.

2. Jalankan aplikasi setelah diinstal. Berikan semua akses perizinan yang diminta oleh aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk jadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi SMS default di ponsel kamu.

3. Pilih ‘Mulai chat’.

4. Masukkan nomor yang kamu tuju.

5. Pilih tanda ‘+’ di chat.

6. Gulir ke bawah dan pilih logo ‘Map’.

7. Layar akan otomatis berubah ke Google Maps.

8. Pilih ‘Kirim lokasi ini’ dan lokasi yang pengguna kirim akan diterima oleh si penerima, meski dia tidak menggunakan aplikasi ‘Messages’.

Sumber : kumparan.com

 131 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + eighteen =