Manfaat Buah Pir untuk Berbagai Tujuan Kesehatan Tubuh
86 / 100

25 Benefits of Pears for Various Health Purposes

25 Benefits of Pears for Various Health Purposes, Apa manfaat buah pir untuk ibu hamil dan kesehatan? Pir merupakan buah manis berbentuk lonceng yang kenikmatannya sudah dikenal sejak lama. Buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan, selain juga rasanya yang lezat. Seperti buah apel, pir juga kerap menjadi pencuci mulut setelah makan.

Advertisements



Manfaat buah apel yang bagus untuk diet juga bisa dirasakan pada buah pir. Buah bernama ilmiah Pyrus ini mengandung serat yang tinggi, nutrisi penting, dan mineralnya. Setidaknya ada sekitar 100 jenis pir yang ditanam di seluruh dunia. Adapun pir ukuran sedang (178 gram) menyediakan nutrisi sebagai berikut:

  • Vitamin C: 12 persen dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin K: 6 persen dari DV
  • Calories: 101
  • Protein: 1 gram
  • Carbohydrate: 27 gram
  • Fiber: 6 gram
  • Potassium: 4 persen dari DV
  • Copper: 16 persen dari DV

other than that, pir juga mengandung sedikit folat, provitamin A, dan niasin. Niasin dan folat penting untuk produksi energi dan fungsi sel, sementara provitamin A mendukung penyembuhan luka dan kesehatan kulit. Buah ini juga kaya akan mineral penting seperti kalium dan tembaga. Kalium berperan membantu kontraksi otot dan fungsi jantung, sementara tembaga berperan dalam kekebalan, metabolisme kolesterol, dan fungsi saraf.

Masih kurang? Buah pir juga sumber antioksidan polifenol yang sangat baik dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Jadi disarankan mengonsumsi buah pir secara utuh karena kulitnya mengandung polifenol enam kali lebih banyak daripada dagingnya.

read too manfaat buah naga

Manfaat Buah Pear

Apapun jenis pirnya yakni pir madu, pir hijau, pir kuning, pir Korea, maupun pir lainnya, baik untuk kesehatan. Berikut manfaat buah pear untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah Qoala rangkum untuk kamu ketahui.

1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat buah pir kuning dan hijau pertama yakni membantu menjaga keteraturan usus dengan melembutkan dan memadatkan feses. Buah ini merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik dan penting untuk kesehatan pencernaan.

Buah pir berukuran sedang (178 gram) contain 6 gram serat atau 22 persen dari kebutuhan serat harian. Serat bisa membantu meredakan sembelit. Kulit pir mengandung banyak serat sehingga cara mengkonsumsi terbaik dengan memakan buah ini tanpa dikupas.

2. Ketajaman Penglihatan

Pir mengandung senyawa yang memberi warna berbeda pada buah-buahan ini. Contohnya antosianin yang memberi warna merah delima dan juga pada beberapa buah pir. Senyawa ini mampu memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah pir berkulit hijau punya fitur lutein dan zeaxanthin yang diperlukan untuk menjaga ketajaman penglihatan seseorang terutama seiring bertambahnya usia. Senyawa serupa juga bisa kamu temukan dalam manfaat buah alpukat. Usually, senyawa tanaman bermanfaat terkonsentrasi di kulit buah manis dan berair ini. So, apakah kamu tertarik untuk merasakan manfaat buah pir hijau ini?

Manfaat Buah Pir untuk Berbagai Tujuan Kesehatan Tubuh
Benefits of Pears for Various Health Purposes

3. Anti Inflamasi

Inflamasi/peradangan merupakan respons imun normal, namun bila sudah kronis atau jangka panjang bisa membahayakan health seseorang. Usually, hal ini dikaitkan dengan penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Pir merupakan sumber yang kaya antioksidan flavonoid sehingga bisa membantu melawan peradangan serta menurunkan risiko penyakit. Beberapa pihak menyebut bila asupan flavonoid yang tinggi berimbas pada penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes. Mungkin efek ini disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan antioksidan serta kandungan vitamin dan mineral seperti tembaga dan vitamin C dan K yang bisa memerangi peradangan.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Serupa dengan manfaat buah naga, manfaat buah pir kuning selanjutnya yakni mampu melawan kanker. Kandungan serat yang tinggi dalam buah pir mengikat sel karsinogenik dengan menghilangkannya dan mencegah kanker usus besar. Mengonsumsi satu buah pir sehari bisa mencegah kanker payudara sampai 34 persen pada wanita yang menopause. Senyawa lain seperti kandungan antosianin dan asam sinamatnya sudah terbukti bisa melawan kanker.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan termasuk pir bisa melindungi dari beberapa jenis kanker seperti termasuk kanker kandung kemih, paru-paru, and stomach. Studi lainnya menyebut bahwa buah kaya flavonoid seperti pir bisa melindungi dari kanker payudara dan ovarium.

Walau mengonsumsi buah pir bisa mengurangi risiko kanter, buah ini tidak boleh dianggap sebagai pengganti pengobatan kanker.

5. Sebagai Makanan Pendamping ASI bagi MPASI

Buah pir memiliki kemungkinan reaksi alergi yang lebih kecil saat dimakan bila dibandingkan dengan buah-buahan lain. Jadi wajar bila menjadi andalan untuk diberikan kepada bayi sebagai bagian dari MPASI di antara berbagai buah lainnya.

6. Mencegah Diabetes

Buah pir memiliki indeks gliserin yang rendah dan kandungan seratnya tinggi sehingga bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes, walau rasanya manis. Buah pir terutama yang merah bisa membantu menurunkan risiko diabetes.

Menurut sebuah studi, mengonsumsi 5 porsi atau lebih buah kaya antosianin seperti pir merah selama satu minggu dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 which 23 persen lebih rendah.

Serat pada buah pir mampu memperlambat pencernaan sehingga membuat tubuh lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat. Hal ini amat membantu mengatur kadar gula darah.

7. Manfaat Buah Pir untuk Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah pir kuning selanjutnya untuk mencegah osteoporosis. Pencegahan osteoporosis dan masalah tulang bisa dilakukan dengan menjaga pH tubuh dan mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang disarankan setiap hari.

Kamu bisa menjaga kadar pH tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Pir kaya akan zat boron yang membantu menyerap kalsium dengan mudah.

8. Manfaat Buah Pir bagi Ibu Hamil

Asam folat merupakan zat yang amat penting bagi ibu hamil untuk menjaga agar bayi aman dari cacat lahir. Buah pir juga mengandung asam folat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil secara teratur selama masa kehamilan. Tertarik mencoba manfaat buah pir untuk ibu hamil ini?

9. Menyapih Anak

Buah pir merupakan buah yang rendah asam dan bersifat hipoalergenik sehingga tidak menimbulkan masalah terkait pencernaan. Tidak heran bila buah ini diandalkan untuk menyapih anak. Caranya, buah dikelupas, dipanaskan, lalu dihaluskan. Kulit buah juga bisa untuk dimakan, namun penting juga untuk diperhatikan supaya tidak ada bagian tepi yang keras sehingga bisa melukai anak-anak. Ketahui juga bahwa buah pir sebaiknya tidak diberikan kepada anak yang sedang diare.

10. Boost Energy

Buah pir mengandung glukosa yang tinggi sehingga bisa memberi energi instan bila kondisi badan sedang lemah. Tubuh akan menyerap kandungan nutrisi buah dengan cepat lalu mengubahnya menjadi energi.

11. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat terbaik dari buah pir yakni kandungan serat yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh sehingga bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung. Buah pir termasuk makanan kaya serat sehingga bisa mengurangi risiko stroke sampai 50 percent. Kandungan Antioksidan Procyanidin dari buah pir juga mampu menurunkan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik), dan menurunkan kekakuan di jaringan jantung.

other than that, kulitnya mengandung antioksidan penting yang disebut quercetin dan kabanya bermanfaat untuk health heart. Mulai dari mengurangi peradangan sampai mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

12. Menunjang Diet

Pir merupakan buah tinggi air, kaya serat, dan rendah kalori. Kombinasi itu membuat pir menjadi makanan yang ramah penurunan berat badan karena serat dan air bisa membantu seseorang tetap kenyang. Tubuh cenderung tidak ingin terus makan saat kenyang.

Menurut sebuah studi, 40 orang dewasa yang makan 2 buah pir setiap hari selama 12 minggu, kehilangan 1,1 inci (2,7 cm) dari lingkar pinggang mereka. Studi lain bahwa wanita yang menambahkan 3 buah pir per hari ke dalam diet selama 10 minggu akan kehilangan rata-rata 1,9 pon (0,84 kg). Tertarik mencoba manfaat buah pir untuk diet this?

13. Melawan Asam Urat, Kantung Empedu, Kolitis, Radang Sendi

Kandungan gizi yang ada pada buah pir diyakini membantu mencegah masalah kantung empedu, radang usus besar, radang sendi dan asam urat. Asalkan dikonsumsi secara teratur. Kegunaan buah pir terhadap penyembuhan radang sendi ini nyatanya cukup senada dengan manfaat buah nanas yang memiliki khasiat serupa.

14. Mengontrol Tekanan Darah

Buah pir mengandung glutathione anti-karsinogen dan antioksidan yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Bila menderita hipertensi, kamu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah pir.

15. Manfaat Buah Pir untuk Mengatasi Demam

Manfaat buah pear selanjutnya yakni membantu menyembuh demam. Buah ini memiliki efek pendinginan sehingga bermanfaat saat demam. Bila si kecil demam, kamu bisa memanfaatkan kandungan yang ada pada buah pir.

16. Manfaat Buah Pir untuk Mengatasi Sesak Nafas

Selama musim panas, sesak napas sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Moms dan keluarga disarankan untuk mengonsumsi buah pir selama hari-hari panas itu agar dapat membantu mengurangi sesak nafas.

17. Masalah Tenggorokan

Musim panas kerap meningkatkan peluang terjadinya masalah tenggorokan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi buah pir satu kali sehari atau segelas jusnya juga sudah cukup. Konsumsi buah itu secara teratur selama hari-hari musim panas ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

18. Mencegah Kerusakan Kulit

Kerusakan kulit bisa jadi momok menakutkan bagi penampilan wanita maupun pria. Buah pir kaya akan serat makanan yang bisa menjaga kulit supaya tetap halus dan lembut. Buah pir membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah dan mencegah kerusakan kolagen kulit (jenis protein tertentu) yang disebabkan karena meningkatnya gula dalam tubuh. So, kulit kamu akan semakin halus. Selain menyantap buah pir, kamu juga bisa cek makanan yang mengandung kolagen alami lainnya untuk kamu konsumsi.

19. Manfaat Buah Pir untuk Menghindari Kulit Keriput

Manfaat buah pir untuk kecantikan selanjutnya yakni membantu menghindari penuaan. Buah ini kaya vitamin C atau antioksidan super efektif, tembaga, dan vitamin K. Semua kandungan itu bisa melawan radikal bebas berbahaya sehingga melindungi sel-sel kulit dari kerusakan parah. Hal ini akan membantu membatasi pembentukan garis-garis halus di dekat mata serta area bibir dan mengencangkan kulit.

20. Merawat Kulit Berminyak

Memiliki masalah dengan kulit berminyak? Kamu bisa mengandalkan buah pir untuk mengatasi masalah itu. Caranya, hancurkan buah pir dan campur krim segar dan madu. Gunakan pasta ini tiga kali seminggu sebagai masker wajah. Selanjutnya sekresi berlebihan kelenjar sebaceous yang ada di kulit akan berkurang. Langsung aja kamu coba manfaat buah pir Korea ini biar tidak penasaran.

21. Untuk Kulit Bebas Jerawat

Selain berminyak, manfaat buah pir untuk wajah berjerawat juga bisa dicoba. Pasalnya buah ini mengandung vitamin dan mineral penting tingkat tinggi. Bahan-bahan ini bisa meningkatkan kekebalan kulit untuk melawan jerawat serta semua jenis infeksi kulit lainnya dari dalam. Kamu bisa mendapat manfaat ini pada buah pir madu atau jenis lainnya.

22. Menjaga Kulit Tetap Lembab Untuk Waktu Lama

Manfaat buah pir kuning selanjutnya untuk mengatasi kulit kering dan bersisik, selain kulit berminyak. Buah ini punya humektan alami yang membantu menyeimbangkan kadar air pada kulit dan mempertahankan kelembaban alaminya. Tak heran bila ekstrak buah ini banyak digunakan dalam pembuatan lotion pelembab.

23. Lulur Alami

Buah pir mengandung enzim alami yang bagus sebagai bahan penggosok. Kamu bisa menghilangkan sel kulit mati yang ada di lapisan permukaan kulit. Caranya, campurkan buah pir yang telah dihaluskan ke dalam masker wajah biasa. Cara ini pun relatif mudah sehingga bisa dilakukan kapan saja. other than that, ekstrak buahnya juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengelupas kulit muka yang lembut dan mempercepat pergantian sel.

24. Perawatan Bibir

Pir mengandung asam laktat yang sangat baik untuk bibir. Kandungan asam ini mampu menjaga sel-sel bibir supaya tetap sehat dan terhidrasi dalam waktu lama. Jadi bibir akan menjadi lembut dan halus.

25. Rambut Sehat dan Bergizi

Manfaat buah pear juga mampu untuk membuat rambut sehat dan bergizi. Pir yang sudah matang mengandung alkohol gula alami bernama ‘sorbitol’ atau ‘glucitol’. Ada pun dua senyawa ini bisa memberi makan akar rambut, menyehatkan kulit kepala dan menjaga kelembaban rambut agar tetap sehat.

26. Rambut Kering

Sifat melembabkan pada buah pir bermanfaat untuk mengurangi kekeringan pada rambut. Kandungan vitamin C yang kaya pada buah pir membuatnya bekerja sebagai antioksidan alami dan membantu menjaga kesehatan sel-sel rambut tetap terkondisi. Rasakan manfaat buah pir hijau ini dengan mengonsumsinya secara rutin.

27. Baik untuk Rambut Keriting

Mengonsumsi buah pir secara teratur sampai perawatan rambut dengan buah berguna untuk menghilangkan rambut kusut yang buruk. Rambut keriting kamu bisa dengan mudah diatur dengan bantuan buah pir. readmore

Advertisements

source : https://www.qoala.app/id/blog/gaya-hidup/sehat/manfaat-buah-pir-untuk-kesehatan-tubuh/

Advertisements

 1,560 total views,  4 views today

By admin

Writer

One thought on “25 Benefits of Pears for Various Health Purposes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *