Jasa SEO | Desain website | Iklan ads | backlink | serp google - 1
73 / 100

Since the emergence of Covid-19, list 8 Covid-19 Vaccine Manufacturers in the World, There's from Indonesia. berbagai perusahaan di dunia beramai-ramai menciptakan vaksin. Apapun jenis merek yang digunakan saat vaksinasi, fungsi utamanya hanya satu, yaitu menghentikan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat.

Advertisements

Di Indonesia, data yang dipublikasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Rabu (25/8), mencatat sebanyak 59 juta orang sudah menerima vaksinasi dosis pertama. Meanwhile, sebanyak 33 juta orang sudah menerima vaksinasi dosis kedua.

Negara-negara di dunia, seperti Amerika Serikat, China, hingga Rusia mendistribusikan vaksin buatannya untuk membantu memenuhi kebutuhan vaksinasi di Indonesia. Tak ketinggalan, Indonesia juga tengah memproduksi vaksin buatan sendiri, seperti Merah Putih dan Nusantara.

Berikut rangkuman Liputan6.com dari sejumlah laman resmi produsen vaksin terkait atau Kementerian Kesehatan, covid19.go.id, hingga Forbes perihal produsen vaksin Covid-19 yang beredar ataupun akan segera digunakan di Indonesia.

1. Sinovac

Sinovac adalah vaksin yang diproduksi oleh Sinovac Biotech yang berdiri pada 1993 dan berlokasi di Beijing, China. Perusahaan ini bergerak dalam bidang penelitian, pengembangan, pembuatan, dan komersialisasi vaksin yang melindungi manusia dari penyakit menular.

On 2009, Sinovac adalah perusahaan pertama di dunia yang menerima persetujuan untuk vaksin influenza H1N1, yang telah dipasok untuk pemerintah pusat China. Beberapa produk vaksin yang juga dihasilkan, seperti Enterovirus Type 71 (EV71), Hepatitis A dan B, Flu Burung H5N1, Varicella, dan Penyakit Gondok.

Generally, Sinovac lebih banyak menjual vaksinnya di China. However, perusahaan sedang dalam proses pengembangan pasar untuk menjual produknya kepada 40 lebih negara di luar China. Sinovac telah menjadi pemasok utama penjualan vaksin sebesar 551 juta dosis.

Previously, keraguan sempat muncul di masyarakat terkait efektivitas vaksin ini. Akan tetapi, sebuah studi terbaru di China sudah menunjukkan bahwa vaksin Sinovac juga ampuh untuk melawan varian Delta. Vaksin Sinovac sudah mendapatkan izin untuk digunakan pada anak berusia 12-17 tahun.

2. Moderna

National Institutes of Health (NIH) berhasil mengembangkan vaksin Moderna yang menggunakan mRNA untuk membuat tubuh mengenali SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Keuntungan dari penggunaan vaksin mRNA ini adalah memudahkan para ilmuwan untuk membuat vaksin secara cepat dan efektif.

NIH yang merupakan bagian dari Departemen Kesehatan dan Kemanusiaan AS adalah lembaga penelitian medis nasional yang membuat penemuan penting untuk meningkatkan kesehatan dan menyelamatkan nyawa masyarakat.

Penelitian medis yang didanai oleh NIH berhasil membuat harapan hidup di Amerika Serikat melonjak dari 47 tahun pada 1900 menjadi 78 tahun pada 2009. Then, diagnosis dan kematian akibat kanker telah menurun secara signifikan.

Pemerintah Indonesia telah menerima vaksin Moderna dari Covax Facility sebanyak 8 juta dosis. Vaksin ini dapat digunakan pada orang berusia 18 tahun ke atas. Berdasarkan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI), Moderna diperuntukkan bagi tenaga kesehatan sebagai dosis ketiga.

other than that, Moderna juga digunakan bagi kelompok masyarakat yang belum menerima vaksinasi sama sekali, khususnya ibu hamil atau masyarakat dengan penyakit bawaan.

3. AstraZeneca

AstraZeneca melakukan kerja sama dengan Oxford University untuk mengembangkan vaksin AstraZeneca. Pada Januari 2021 then, perusahaan tersebut berkolaborasi dengan lebih dari 15 negara untuk mempercepat distribusi vaksin ke seluruh negara di dunia.

Ketika vaksin Sinovac menggunakan virus Covid-19 yang tidak aktif untuk menghasilkan antibodi, AstraZeneca menggunakan virus yang sudah dimodifikasi untuk menghasilkan antibodi. Vaksin AstraZeneca banyak digunakan di benua Eropa, Australia, Afrika, dan Asia, seperti Vietnam, India, Malaysia, Filipina, Taiwan, Korea Selatan, and Indonesia.

Negara yang menggunakan vaksin ini merasakan manfaat dari AstraZeneca yang dapat mengurangi gejala bagi penderita Covid-19. Indonesia baru saja menerima kembali vaksin AstraZeneca tahap ke-40 pada 20 August 2021 sebanyak 567.500 dose. Vaksin ini dapat digunakan pada orang berusia 18 tahun ke atas.

Melansir dari Forbes, AstraZeneca adalah perusahaan yang bergerak di bidang penelitian, pengembangan, dan pembuatan produk farmasi. Perusahaan ini didirikan pada 17 Juni 1992 dan berlokasi di Cambridge, Inggris. Produk-produk dari AstraZeneca banyak digunakan dalam terapi, seperti onkologi, kardiovaskular, kidney, metabolisme, dan pernapasan.

Advertisements

source : https://www.merdeka.com/uang/daftar-8-produsen-vaksin-covid-19-di-dunia-ada-dari-indonesia.html?page=2

Advertisements

 727 total views,  6 views today

By admin

Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *