HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman
71 / 100

Mengapa HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman ?, Banyak pertanyaan yang sering saya jumpai di sekitar saya. Banyak orang yang menanyakan tentang hal ini kepada saya.Waktu ditanya, saya bingung mau menjawab apa, karena waktu itu saya belum terlalu mengerti tentang seluk beluk HTML. Saya pun “ditodong” untuk memberikan jawaban kepada mereka melalui blog ini.Saya berusaha mencari jawaban dari pertanyaan tersebut agar saya bisa memenuhi rasa penasaran para penanya. Alih-alih berhasil menemukan jawaban, saya malah justru tidak menemukan jawaban yang membahas hingga intinya.

html bukan bahasa pemrograman

“Mengapa HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman ?”

Advertisements

Sebelum saya menjelaskan mengapa HTML itu bukan termasuk bahasa pemrograman, saya akan sedikit memberikan gambaran tentang pengertian HTML.

Daftar Isi

1. Penjelasan Singkat Tentang HTML

HTML merupakan akronim dari Hypertext Markup Language. Dari namanya saja sudah kelihatan kalau HTML itu bahasa markup, bukan bahasa pemrograman. HTML itu diibaratkan sebagai “wadah” bagi bahasa pemrograman web, seperti PHP, Javascript.Tahu tidak perbedaan bahasa pemrograman dengan bahasa markup ? Saya akan jelaskan kepada anda mengenai perbedaan bahasa pemrograman dengan bahasa markup.

2. Perbedaan Bahasa Pemrograman dengan Bahasa Markup

Bahasa pemrograman itu terdiri dari perintah-perintah yang bisa meliputi logika pemrograman, deklarasi variabel, aritmatika dan lain-lain. Sedangkan markup language (bahasa markup) seperti HTML tidak memiliki deklarasi variabel, logika pemrogaman, dan lain-lain.HTML saja tidak memiliki logika pemrograman, aritmatika, deklarasi variabel, dan lain-lain. Mana bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman. Padahal syarat menjadi bahasa pemrograman adalah bisa menyelesaikan masalah dengan perintah-perintah seperti aritmatika, bisa juga mendeklarasikan variabel.Pada intinya, HTML itu bukan merupakan bahasa pemrograman karena si HTML ini tidak memiliki perintah untuk menyelesaikan masalah. HTML hanya sebagai tempat untuk meletakkan perintah bahasa pemrograman web seperti PHP, Javascript.

Lebih lanjutnya tentang HTML, baca artikel iniNah, sekarang sudah mengerti kan perbedaan bahasa markup dengan bahasa pemrograman dan mengapa HTML bukan termasuk bahasa pemrogaman. Sekarang saatnya saya menutup artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

3. Apa itu HTML ? Pengertian HTML

HTML (Hyper Text MarkUp Language) adalah Bahasa markup standar untuk pembuatan halaman website. Dengan HTML kita dapat membuat halaman website sesuai standar dengan pengkodean tag-tag HTML

Dengan kata lain, HTML merupakan wadah / tempat bagi bahasa pemrograman website lainnya.  Dengan halaman website kita dapat memberikan informasi ke berbagai penjuru nusantara dan bahkan dunia. Diimbangi dengan berkembangnya dunia internet di dunia, pembuatan website serasa sangat penting di kehidupan sekarang ini.HTML sebenarnya mirip dengan bahasa yang sering kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam penulisan di HTML kita harus memerlukan kode atau “Tag HTML” sehingga membentuk struktur kode dan halaman HTML yang lengkap.  Seperti contoh kita menulis tebal huruf “Manusia” didalam buku, maka jika didalam halaman website kita harus memakai tag HTML <b>Manusia</b>. Karena tag <b> mempunyai format mencetak tebal suatu string. Dan masih banyak contoh tag HTML lainnya yang akan kita bahas lebih lanjut dibawah ini.Begitu pentingnya apa itu HTML didalam pembuatan website karena, bahasa satu ini dinilai sebagai pondasi dari berdirinya suatu halaman website.  Bagi Anda yang ingin mengambil jurusan kuliah yang isinya belajar HTML atau tentang macam-macam bahasa pemrograman, Anda bisa memasuki jurusan Teknik Informatika.

Belum ada bahasa markup yang dapat menyaingi HTML untuk saat ini, yang dimana HTML sangat powerful dengan bisa digabungkan dengan bahasa program yang lain atau pelengkap halaman website.  Tag-tag kerangka HTML telah membentuk struktur kode yang dapat digabungkan dengan bahasa program yang lain, yang dapat membuat suatu kesatuan halaman website yang lebih baik.  Sehingga dalam pembuatan website, HTML adalah ilmu atau pondasi yang harus dipelajari terlebih dahulu.Apa saja yang dapat dilakukan oleh HTML:

· Membuat struktur dari halaman website.
· Mengatur tampilan dan isi dari halaman web.
· Membuat tabel dengan tag HTML Table.
· Membuat Form HTML.
· Menambahkan objek-objek penting lainnya seperti: audio, video dan animasi.
· Membuat gambar dengan Canvas.
· Mempublikasikan halaman website secara online.

Advertisements

sumber : https://makinrajin.com/blog/html-bukan-bahasa-pemrograman/

Advertisements

 8,021 total views,  6 views today

By admin

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *