Immobilizer adalah
acmatrix.web.id
Harga estimasi
• Rp 26.570.734.320 •
immobilizer
77 / 100

Mengenal Apa itu Immobilizer

Immobilizer adalah mekanisme anti maling yang mampu mencegah mesin hidup ketika kunci kontak sebenarnya tidak sesuai, padahal memiliki pattern sama. Mengapa sistem ini bisa bekerja maksimal? Apa saja komponen di dalamnya? Untuk lebih mengenal jelas mengenai apa itu immobilizer, simak rangkumannya di bawah ini bersama Auto2000.

Apa itu Immobilizer?

Sesuai penjelasan di atas, immobilizer adalah sebuah sistem anti maling yang dapat bekerja dengan hasil mencegah mesin hidup karena kunci kontak tidak sesuai. Bahkan ketika pattern kunci itu sendiri sama. Sistem ini bekerja dengan memanfaatkan variasi gelombang radio sebagai identitas kunci pada mobil.

Dengan adanya sistem ini, maka hanya ada satu kunci kontak saja yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin. Meskipun lubang ignition key dapat dimasuki oleh semua kunci.

Komponen-komponen Immobilizer?

Ada tiga komponen di dalam immobilizer yang saling bekerja sama untuk mendapatkan satu hasil sistem kerja maksimal. Berikut penjelasannya.

  1. Transmitter

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengirim gelombang radio dengan frekuensi tertentu untuk menuju ke bagian control module.

  1. Transponder

Fungsi dari transponder adalah menerima sinyal gelombang radio yang telah dikirim ke control module untuk diidentifikasi.

  1. Theft Deterrent System

Sesuai namanya, fungsi utama dari komponen ini adalah mengelola gelombang radio yang diterima, sesuai dengan identifikasi dari transponder. Selanjutnya, theft deterrent system akan mengaktifkan atau menonaktifkan bagian sirkuit sistem pengapian serta relay fuel pump.

Cara Kerja Immobilizer

Setelah mengenal komponen-komponennya, mari mengetahui cara kerjanya. Ketika kunci kontak dimasukkan ke lubang kunci kontak, transmitter langsung mengirimkan gelombang radio ke komponen theft deterrent system. Kemudian gelombang tersebut langsung diterima dan diidentifikasi transponder. Perlu diketahui bahwa transponder terdapat di dalam theft deterrent control system.

DAPATKAN PROMO TOYOTA NEW KIJANG INNOVA BERSAMA AUTO2000

Jika frekuensi yang dikirimkan telah sesuai yang seharusnya dan bukan bagian dari tindakan mencurigakan, maka transponder akan mengirimkan data ke engine control module. Selanjutnya rangkaian sistem pengapian menjadi aktif dan mampu menghidupkan relay fuel pump.

Ketika sudah memasuki fase ini, maka kunci kontak telah terhubung dan dikenali oleh ECU mobil. Kondisi ini membuat fase pengemudi yang memutar kunci kontak ke posisi start engine membuat mesin menyala dan bisa langsung dikendarai.

Namun bagaimana jika gelombang radio yang dikirimkan salah dan tidak sesuai? Ketika gelombang radio yang dikirimkan transmitter tidak sesuai, identitas kunci kontak menjadi tidak dikenali ECU. Kondisi ini membuat ECU akan memblokir aliran arus ke dua sistem, yaitu pengapian dan relay fuel pump. Jadi hasilnya ketika kunci kontak diputar ke posisi start engine, tidak akan terjadi kondisi mesin menyala. Jadi, mesin akan tetap mati sepanjang waktu.

Sistem immobilizer memang berfokus pada data digital. Inilah yang membuat sistem ini harus ditangani oleh teknisi yang telah memahaminya. Jika immobilizer kena banjir atau semacamnya, Anda harus langsung segera mengembalikannya ke kondisi normal demi mendapatkan keamanan maksimal untuk menghindari tindakan kejahatan pada mobil kesayangan.

Untuk mengembalikan immobilizer ke kondisi standar pabrik, AutoFamily tidak perlu kebingungan mencari bengkel tepat. Auto2000 telah hadir dengan bengkel resmi Toyota di setiap cabang yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Bali.

AutoFamily semakin mudah untuk mengunjungi salah satu cabang terdekat dari domisili. Masalah ini dapat langsung diatasi oleh tim teknisi Auto2000 yang sudah berpengalaman dan tepercaya. Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga untuk mendapatkan informasi booking service secara online demi mendapatkan jadwal kunjungan paling tepat.

sumber : https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/immobilizer-adalah

baca juga https://ahlikuncibekasi.net/

 19,357 total views,  3 views today

By admin

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + three =