Manfaat Kelapa Sawit untuk Kesehatan
81 / 100

Manfaat Kelapa Sawit untuk Kesehatan

Manfaat Kelapa Sawit untuk Kesehatan, Merdeka.com – Selama ini, banyak orang mengenal bahwa kelapa sawit bisa sangat bermanfaat bagi perekonomian. Namun siapa sangka bahwa kelapa sawit ternyata juga memiliki berbagai manfaat yang tidak banyak diketahui.

Advertisements
Manfaat Kelapa Sawit untuk Kesehatan
Manfaat Kelapa Sawit untuk Kesehatan

Fakta bahwa kelapa sawit adalah salah satu pendorong ekonomi terbesar di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak sektor industri bisa bergerak dengan lancar berkat kontribusi minyak massal hingga bahan bakar yang diproduksi dari kelapa sawit.

Namun dibalik melimpahnya benefit kelapa sawit di banyak sektor, masih banyak masyarakat yang belum teredukasi mengenai manfaatnya bagi kesehatan. Oleh sebab itu, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) berkolaborasi dengan Dream.co.id untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai segala macam olahan kelapa sawit.

20 Manfaat Jus Sirsak bagi Kesehatan dan Kecantikan

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sendiri adalah lembaga non eselon di bawah kementerian keuangan. Dalam kegiatannya, BPDPKS punya beragam tugas yang berkaitan dengan pengelolaan dana perkebunan kelapa sawit.

Tentu saja pengelolaan dana perkebunan kelapa sawit ini sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh komite pengarah berdasarkan program pemerintah. Dengan perannya yang sentral dalam sektor kelapa sawit, BPDPKS menjadi organisasi yang bertanggung jawab langsung kepada Menteri Keuangan.

24 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

Dalam sesi Instagram Live yang diadakan bersama Dream.co.id pada 19 April 2021, BPDP Kelapa Sawit bersama dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K membeberkan beragam manfaat dari tumbuhan yang bernama ilmiah elaeis ini. Seperti apa sih?

Mencegah Kanker

Dalam kesempatan ini, dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K menjelaskan jika kelapa sawit kaya akan manfaat dan kandungan nutrisinya seperti antioksidan hingga polifenol mampu mencegah radikal bebas dan menghindarkan dari kanker.

“Kandungan dalam minyak kelapa sawit memiliki khasiat bagi tubuh, seperti antioksidan tinggi, lemak , dan polifenol. Lemak di sini berfungsi sebagai penyerapan vitamin A, D, E, dan K. Berbeda dengan lemak jenuh, kandungan lemak tak jenuh dalam kelapa sawit juga menghindarkan dari risiko terserang kanker”.

7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Mengatasi Masalah Penglihatan

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kelapa sawit adalah beta karoten dan vitamin A. Sebagai salah satu jenis antioksidan dan provitamin A, beta karoten bertugas melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas. Sementara itu, vitamin A sendiri telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan mata.

Atasi Kulit Kering

Di balik popularitasnya sebagai produk untuk dikonsumsi, kelapa sawit juga terbukti secara klinis mampu merawat kulit. Selain mampu menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan di dalamnya, dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K juga menjelaskan jika kelapa sawit memiliki sifat seperti moisturizer yang mampu melembapkan kulit.

Hilangkan Jerawat

Sempat populer di tengah masyarakat mengenai minyak kelapa sawit yang diklaim mampu menghilangkan jerawat. Pernyataan ini disetujui oleh dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K. Ia menegaskan jika mengonsumsi minyak kelapa sawit sebagai pelengkap asupan nutrisi bisa menjadi penangkal jerawat dari dalam tubuh berkat antioksidan di dalamnya. Tak perlu dijadikan sebagai toner, nutrisi alami dari minyak kelapa sawit sudah cukup dikonsumsi dengan frekuensi yang tepat untuk mendapatkan segala efek positif dari kulit.

Cocok Untuk Dikonsumsi Segala Usia

Mulai dari anak-anak hingga lansia, kelapa sawit bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Dalam pemaparannya dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K menjelaskan jika anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kelapa sawit.

“Anak-anak yang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan lemak untuk pertumbuhan otak. Kandungan lemak tak jenuh dalam kelapa sawit cocok untuk pertumbuhan otak anak sekaligus menghindarkan dari obesitas”.

Sementara itu, dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K juga memberikan anjuran kepada lansia untuk memperhatikan frekuensi kelapa sawit yang dikonsumsi.

“Lansia memiliki metabolisme yang lebih rendah dibanding masyarakat di usia produktif. Salah satu fungsi dari metabolisme ini adalah untuk memproses lemak menjadi energi. Untuk itu, tetap perhatikan jumlah minyak kelapa sawit yang dikonsumsi agar lemak tidak bertumpuk di dalam tubuh.”

Jumlah Konsumsi Harian Minyak Kelapa Sawit

Tak hanya membeberkan beragam manfaat, dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K juga menjelaskan asupan harian untuk mengonsumsi minyak kelapa sawit. Menurutnya, kadar lemak dalam minyak yang masuk di dalam tubuh manusia tidak lebih dari 7% berdasarkan kebutuhan kalori harian.

“Jika kebutuhan kalori manusia adalah 2000 per harinya, maka kadar minyak yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh lebih dari 14 gram atau setara satu sendok makan. Hal ini penting untuk membantu menyeimbangkan nutrisi yang ada di dalam tubuh.”

Selain membeberkan beragam manfaat kelapa sawit bagi tubuh, dr Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K juga memberikan tips menjaga kesehatan diri dan keluarga selama masa pandemi seperti sekarang. Menurutnya, ada 4 hal yang harus diperhatikan agar tubuh terhindar dari risiko gangguan kesehatan.

“Yang pertama adalah menjaga nutrisi agar seimbang. Bisa mengganti dari minyak biasa ke minyak kelapa sawit berkualitas, dan juga mengonsumsi beragam makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Yang kedua tetap beraktivitas fisik selama puasa agar metabolisme berjalan lancar. Ketiga, menjaga kualitas tidur agar sistem imun terjaga, dan keempat bisa melakukan manajemen stres yang baik,” jelasnya.

Secara umum, konsumsi kelapa sawit ini bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, kamu bisa mulai coba konsumsi kelapa sawit ini untuk tingkatkan kesehatanmu

Advertisements

sumber : https://www.merdeka.com/sehat/deretan-manfaat-kesehatan-dari-kelapa-sawit-hilangkan-jerawat-hingga-cegah-kanker.html

Advertisements

 304 total views,  4 views today

By admin

Penulis

One thought on “Manfaat Kelapa Sawit untuk Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *