HTML adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language, yaitu sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Si HTML inilah yang menyusun sebuah halaman web menjadi sebagaimana yang kita lihat melalui browser (penjelajah internet). So, belajar HTML dan mengerti bagaimana cara HTML bekerja akan sangat penting jika kamu ingin terjun ke dunia web development.

Sebenernya ketika bekerja dalam menampilkan dan menyusun sebuah halaman web si HTML ini nggak sendiri, dia juga dibantu oleh teman-temannya yang lain yaitu si CSS dan si JavaScript. Si HTML sendiri bertugas menyusun kerangka halaman web, si CSS yang akan merapihkan dan memperindah tampilan halaman web, sedangkan si JavaScript-lah yang bertugas membuat halaman web menjadi lebih interaktif. Pada kesempatan yang lain kita akan coba membahas CSS dan JavaScript, tapi untuk kali ini marilah kita buat si HTML menjadi tokoh utama 😀

Perlu diperhatikan, HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. HTML merupakan bahasa markup yang berisi perintah-perintah dengan format tertentu yang terstruktur untuk menampilkan tampilan tertentu. Baik, mari kita buat menjadi lebih sederhana. Misalnya di halaman web kita sering melihat ada teks yang ditulis tebal seperti berikut:

tulisan tebal

Nah untuk bisa membuat sebuah tulisan tebal seperti di atas, maka kita bisa membuatnya dengan HTML dengan kode berikut:

<strong>tulisan tebal</strong>

Sederhananya adalah, jika kita menuliskan kode seperti di atas, maka nanti si browser akan menampilkan tulisan tebal. Jadi HTML adalah format penulisan kode tertetu yang mampu dimengerti oleh browser untuk menampilkan tampilan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − ten =